Dana Pensiun
Konferensi Waligereja Indonesia

DANA TIDAK AKTIF

Mencermati Peraturan Dana Pensiun KWI Terbaru (Nomor DP-KWI/VI.08/2017/BPP Tanggal 02 Juni 2017)  : Pasal 48 (Ketentuan Lain-Lain)

Para Pensiunan dan Pihak Yang Berhak atas Manfaat Pensiun dari Dana Pensiun KWI PERLU mencermati ketentuan pasal 48 ini :

  1. Dana Pensiun wajib memisahkan dana yang dikategorikan sebagai dana tidak aktif
  2. Sebelum melakukan pemisahan dana tidak aktif, Dana Pensiun wajib melakukan upaya untuk membayarkan Manfaat Pensiun kepada Peserta atau Pihak Yang Berhak sejak Peserta memasuki Usia Pensiun Normal paling lama 1 (satu) tahun.
  3. Apabila sampai dengan berakhirnya jangka waktu 1 (satu) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Dana Pensiun belum melakukan pembayaran Manfaat Pensiun  yang disebabkan oleh : (a). Peserta tidak diketahui keberadaannya; atau (b). Peserta tidak memiliki pihak yang ditunjuk sebagai Pihak Yang Berhak atau memiliki namun tidak diketahui keberadanaannya, Manfaat Pensiun tersebut dikategorikan sebagai dana tidak aktif.
  4. Apabila sampai 180 (seratus delapan puluh) hari kalender sejak pemisahan dana tersebut tetap tidak terjadi pembayaran Manfaat Pensiun maka Dana Pensiun wajib menyerahkan dana tidak aktif tersebut kepada Balai Harta Peninggalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  5. Dalam hal Dana Pensiun menyerahkan dana tersebut kepada Balai Harta Peninggalan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) maka Peserta atau Pihak Yang Berhak atas dana tersebut meminta pembayaran kepada Balai Harta Peninggalan.